Google AdWords

 

Google AdWords  

Google adalah search engine nomor satu di dunia dan juga nomor satu dalam bidang periklanan PPC marketing dengan Google Adwords-nya. Lewat Google AdWords inilah kita para pemilik website atau blog dapat memakai jasa Google untuk mempromosikan web atau blog kita. Yang nantinya web atau blog kita iklannya akan muncul dalam Search Engine Google dan juga di web atau blog yang mengikuti program Google Adsense. Memasang iklan di AdWords sangatlah efektif, karena traffik yang dihasilkannya sangatlah tertarget.

Google Adwords tidak hanya menyediakan iklan dalam format teks saja seperti iklan baris, melainkan juga dalam bentuk gambar, animasi, video dan lainnya. Untuk kesempatan kali ini saya akan memaparkan bagaimana cara mendaftar dan berpromosi dengan Google adWords, yaitu sebagai berikut:

1. Membuat Akun Google AdWords

Untuk pertama-tama bukalah alamat http://adwords.google.com/select/Login, kemudian klik Start Now.











Lalu akan tampil gambar berikut, kemudian pilih Standart Edition.













Lalu anda akan diminta memasukkan akun google anda bila sudah memilikinya atau juga bisa membuat login dan password baru untuk akun adwords anda.















Setelah itu kita harus mengkonfirmasi mata uang apa yang akan kita gunakan.








Selesai sudah tahap membuka akun Google Adwords, kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Membuat Campign Pertama
Saat muncul gambar di bawah ini, klik Create your first campign.










Yang pertama perlu ditentukan dalam membuat campaign adalah menentukan target customer berdasarkan language dan location. Di contoh ini saya memilih English sebagai language dan Indonesia sebagai location. Jika target market Anda adalah US, Canada dan United Kingdom, berarti Anda perlu mengganti target lokasi.















Bila Anda menentukan target customer berdasarkan lokasi, maka iklan PPC Anda hanya akan muncul di negara yan g Anda tentukan. Google bisa mengetahui pengguna search enginenya berasal dari negara mana dengan identifikasi IP yang digunakan.
Target lokasi sangat penting ditentukan di iklan PPC. Ini akan menghindarkan Anda biaya yang tidak perlu dikeluarkan. Sebagai contoh, toko online Anda menjual busana muslim untuk target market Indonesia dan Malaysia. Anda tidak siap untuk mengirimkan produk Anda ke negara lain. Anda jadi akan buang biaya banyak jika iklan PPC Anda sampai muncul dan di klik oleh orang yan g b erada di Amerika.
Setelah menentukan tar get negara, klik tombol Continue. Anda akan melihat tampilan di bawah ini yaitu Anda akan mulai mengisikan teks iklan PPC Anda.













Yang perlu Anda isikan ada 5 bagian yaitu:
  • Headline. Ini adalah judul dari iklan Anda, panjang maksimal adalah 25 karakter. Penting sekali memilih headline yang menarik sehingga orang ingin membaca baris berikutnya dari iklan Anda.
  • Description line 1. Ini adalah baris pertama dari iklan yang bisa Anda isikan. Maks 35 karakter
  • Description line 2. Ini adalah baris kedua dari iklan yang bisa Anda isikan. Maks 35 karakter.
  • Display URL. Ini adalah alamat website yang dilihat oleh user. Di contoh diatas adalah www.example.com Maks 35 karakter.
  • Destination URL. Ini adalah URL sesungguhnya yang dituju oleh user jika mereka meng-klik klan Anda. Maks bisa 1024 karakter.
Setelah selesai mengisikan teks iklan PPC Anda, klik tombol Continue.
Proses berikutnya adalah menentukan di keyword apa saja Anda ingin iklan Anda ditampilkan. Jadi keyword apa yang akan menjadi trigger/pemicu ditampilkannya iklan Anda. Istilah yang sering digunak an adalah menentukan keyword yang Anda bidding.
Di tampilan diatas, Anda bisa memasukkan keyword di kotak yang disediakan. Penting untuk memasukkan keyword yang relevan dengan teks iklan Anda. Google juga men yebutkan sebaiknya memasukkan 20 keyword atau lebih sedikit.
Jika sudah memasukkan keyword, klik tombol Continue yang akan menampilkan tampilan berikut ini.































Di tahap ini Anda diminta untuk memasukkan 3 hal berikut ini:
  • Budget. Daily bud get digunakan untuk kontrol biaya iklan Anda per hari.
  • Maximum CPC bid. CPC disini artinya adalah cost per click
  • CPC Content bid. Angka ini tidak harus diisi atau optional
Klik tombol Continue dan Anda akan melihat summary atau rin kasan dari campaign yang Anda buat. Sekian dari saya tentang cara mendaftar Google AdWords, selanjutnya silahkan promosi dengan google adwords, semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
membuat blog © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter